Jumat, 29 Mei 2015

Liburan ke Yogya Nginep di Mana? (3) Hotel Nyaman yang Ekonomis



Jadi, sekalinya pergi ke Yogya tanpa anak-anak, saya ama suami santai-santai tidak pesan penginapan dulu. Kami memutuskan go-show aja di sana. Masa sih nggak dapat penginapan. 

Niatnya karena cuma akan dipakai tidur dan mandi alias transit karena pagi-pagi akan pergi ke Magelang, saya cari yang harganya murah meriah. 200ribuan aja. Sudah tahu juga dapetnya kira-kira dengan kualitas seperti apa. Seperti kita tahu, hotel-hotel di Yogya tuh agak-agak di atas rata-rata harganya dibandingkan Solo atau Semarang, misalnya. 

Malam itu selesai makan mi Kadin (setelah ngantri sejam), waktu menunjukkan pukul 10 malam. Kami mulai muter-muter. Pertama di seputaran Malioboro. Penginapan di sana tentu buanyak. Mulai dari harga puluhan ribu sampai jutaan. Tapi jadinya kami malah cuma muter-muter tanpa berhenti sekalipun. Kami jadi ribut-ribut sendiri. Ternyata kriterianya banyak banget. Penginapan itu mesti bersih, nggak suram, nggak horor, nggak berbau mesum, dll.  Terus kami meluncur ke arah UGM. Sama aja di sana cuma muter doang. Sementara waktu semakin mendekati tengah malam. Mana jaringan rada lemot jadi nyari penginapan via google map jadi susah. 

Sempat mau menyerah dan masuk ke salah satu hotel yang biasa kami datangi sama anak-anak. Meski rada sakit hati membayangkan bayarnya cuma buat numpang bobok doang. 

Untung  saya ingat sebelumnya pernah lihat tempat ini di internet:  Kusuma Hotel Yogya. Review tempat ini di agoda atau tripadvisor selalu di atas rata-rata. Webnya juga  rapi. Memang tempatnya agak jauh dari tengah kota. Di daerah Condong Catur, belakang rumah sakit Jogja International Hospital (JIH). 

Yang saya ingat, rate kamar di sana 200 ribuan diluar peak season. Hah. Marilah kita kesana. Begitu tahu nama hotel, jadi gampang nyari lokasinya di Google Map. 

Petunjuk jalannya gampang. Dari ring road Utara, perempatan Condong Catur, tinggal belok ke Utara setelah JIH. Memang kudu sabar menyusuri jalan sampai ketemu Kusuma Hotel. Tadinya sempet mikir, nih pasti suasananya sepi sunyi gitu di tengah perkampungan. Tapi surpraise, parkiran di hotel penuh mobil. Tempatnya juga terang, dengan satpam, dan resepsionis yang masih ‘ON’ keramahannya ketika kami check in

Hallo, room
Kami pilih kamar deluxe depan (yang langsung berhadapan dengan parkir mobil) dengan rate 230rb (dapet sarapan).  Kalau di belakang 222rb. (Mei 2015) Meski malam hari, di resepsionis masih tersedia teh & kopi untuk para tamu.
 
Tidurrr

Hotel ini bersih deh. Cukup luas, dan ada teras kecil di depan kamar. Karena kamar kami di pojok, di dinding luarnya ditaro akuarium dengan ikan mas koki. Sukaa deh dengan detail seperti ini. 

Di dalam kamar, meski perabotan dan kamar mandinya sederhana, tapi bersih. Air panas ngalir 24 jam. AC nyala dengan baik.  Cuma peletakan tivinya yang di atas jendela cukup mengganggu karena leher mesti mendongak gitu dari kasur. Kalau boleh usul juga fabric yang dipakai buat gorden diganti dengan yang polos berwarna pastel gitu supaya suasana ruang lebih cozy. (hehe mulai ‘ngarsitek’ deh)

 
Si Tipi nangkring di sono
Malam itu langsung tepar, dan baru nyadar waktu sarapan kalau ternyata hotel ini punya kolam renang. Beneran lumayan luasnya kalau cuma buat renang-renang gerak badan atau buat main anak-anak. Kamar yang paling dekat dengan kolam ini justru kamar deluxe belakang yang menghadap taman. Hmm.. kapan-kapan kalau nginep lagi kami milih kamar ini aja kayaknya. (Lebih murah pula, hehe)
Deretan kamar Deluxe Belakang menghadap taman dalam

Kejutan kolam renang di pojokan hotel
Teras di depan kamar
Eh cerita menu sarapan dulu ya. Menu makan prasmanan, nasi putih, nasi goreng, dan lauk-lauknya + sup jagung.  Ada 1 macam jus buah selain kopi dan teh. Buah ada dua macam. Ada 1 macam sereal (corn flakes). Roti tawar + selai coklat dan strawberry. Tapi toasternya nggak panas-panas, jadi gagal bikin roti bakar. Di dalam kamar juga ada layanan room service dari resto hotel dengan harga yang reasonable. Snack bar juga ada, dengan harga nggak overpriced dari harga aslinya.
 
Ruang makan saat sarapan

Lobi dan reception

Hotel ini juga ‘saudaraan’ sama Rumput Hotel Yogya. Pantes websitenya mirip-mirip. Hotel juga memberikan free shuttle ke Malioboro dan Ambarukmo Plaza (pada jam tertentu) buat tamu-tamunya. 
Favoritku, akuarium di depan kamar hihi
 
Overall, saya puas banget nginep di Kusuma Hotel Condong Catur ini. Pelayanan oke, semua ramah, mobil tercuci bersih di pagi hari (gratis), kamar bersih, hotel juga bersih. Rate ekonomis, nggak sayang ditinggal muter-muter Yogya,  aman dan nyaman buat istirahat. 

Serbuu!
 

26 komentar:

  1. kaget loh, masih ada hotel nyaman 200ribuan. Biaanya segitu mah ga ada breakfast. apalagi kolam renang :3

    BalasHapus
  2. Wah dg harga segitu dan kondisi fasilitas yg ada lumayan banget ya mba
    Makasih sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, fasilitasnya jadi nilai plus. Terimakasih sudah berkunjung :))

      Hapus
  3. murah mbak, sip-sip....kapan2 ke yogya nginap situ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Agak jauh dari kota sih.. kalau naik kendaraan sendiri nggak masalah :)

      Hapus
  4. Murah juga ya mbak Wind, bisa jadi pertimbangan buat nginep nih...

    BalasHapus
  5. wahh.... bisa jadi bahan pertimbangan nih kalau liburan ke Yogya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa pesan dulu kalau weeken/ high season maak

      Hapus
  6. Bisa jadi pertimbangan nih. Dari pada bayar mahal hotal, cuma buat tidur doank :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulll kan di Yogya maunya jalan-jalan :))

      Hapus
  7. iya itu gordennya... *ikut-ikutan mak Wind*

    BalasHapus
  8. uhuyyy..hanimuun niii...iya gordennya ndak bingit yaa, tapi hotelnya asik juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyangkul kok mak Dew :)) Iyah patut dicoba

      Hapus
  9. Kalo peek season kudu booking dulu, pengalamanku yg enggak enak banget pas nemeni Milzam seleksi di UGM. Akhirnya dpt yg deket bandara hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul betul. Mba Wati, kalau Yogya high season nggak pesan hotel, bisa kemping di emperan hihi

      Hapus
  10. Iyaa apik, resik, yang bikin ilfil cuma gorden hihihi, kayak gorden di rumahku *lah berarti rumahku bikin ilfil dong yah* >,<

    BalasHapus
  11. Ihh... mak... seru ya.. dapat murah. Oke lagi. Kapan2 mau ah dicoba. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ekonomis dah buat di Yogya.

      Hapus
  12. Rencanananya hari ini mo nyoba nginep di sana, mudah2an seperti yang diharapkan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, telat balas.. gimana pengalamannya nginep di sana, Mbak?

      Hapus